BACAAN YANG DISYARIATKAN SEBELUM DAN SETELAH BERWUDUK

๐Ÿ’๐Ÿ“ BACAAN YANG DISYARIATKAN SEBELUM DAN SETELAH BERWUDHU

Berwudhu adalah salah satu aktivitas ibadah yang merupakan bagian dari syarat sah shalat. Pada saat berwudhuโ€™ ada 2 bacaan yang disyariatkan, yaitu sebelum berwudhu dan juga dzikir setelah berwudhu. Tidak ada bacaan lain yang disyariatkan selain dua hal tersebut di tengah-tengah proses wudhuโ€™.

Sebelum berwudhuโ€™, disyariatkan mengucap tasmiyah, yaitu: Bismillah.

ู„ุงูŽ ุตูŽู„ูŽุงุฉูŽ ู„ูู…ูŽู†ู’ ู„ูŽุง ูˆูุถููˆู’ุกูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ูˆูุถููˆู’ุกูŽ ู„ูู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู ุงุณู’ู…ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู

Tidak ada sholat bagi yang tidak berwudhu, dan tidak ada wudhu bagi yang tidak menyebut Nama Allah padanya (H.R al-Hakim, dishahihkan oleh Syaikh al-Albaniy)

Sedangkan setelah selesai berwudhuโ€™, disunnahkan membaca doa atau dzikir yang mengandung dua kalimat syahadat. Keutamaannya adalah dibuka 8 pintu surga dan dipersilakan untuk memasukinya melalui pintu mana saja yang dikehendaki.

ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุญูŽุฏู ูŠูŽุชูŽูˆูŽุถู‘ูŽุฃู ููŽูŠูุจู’ู„ูุบู ุฃูŽูˆู’ ููŽูŠูุณู’ุจูุบู ุงู„ู’ูˆูŽุถููˆุกูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ููุชูุญูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุงู„ุซู‘ูŽู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุดูŽุงุกูŽ

Tidaklah ada seorang dari kalian yang berwudhu kemudian menyempurnakan wudhuโ€™nya kemudian mengucapkan: ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAH WA ANNA MUHAMMADAN ABDULLAAHI WA ROSUULUH (Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan bahwasanya Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya) kecuali akan dibukakan pintu Surga yang berjumlah delapan, dipersilakan untuk masuk melalui pintu mana saja (H.R Muslim dari Uqbah bin Amir)

Dzikir setelah selesai wudhu juga boleh dengan lafadz:

ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ูŽุง ุดูŽุฑููŠูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ููŠ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูˆู‘ูŽุงุจููŠู†ูŽ ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ููŠ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุชูŽุทูŽู‡ู‘ูุฑููŠู†ูŽ

Aku bersaksi bahwasanya tidak ada sembahan yang benar kecuali Allah satu-satunya, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang banyak bertobat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mensucikan dirinya (H.R atTirmidzi dari Umar bin al-Khoththob, dishahihkan Syaikh al-Albaniy)

Termasuk bacaan yang disunnahkan setelah selesai berwudhu adalah:

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽุŒ ูˆูŽุจูุญูŽู…ู’ุฏููƒูŽ ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽุŒ ุฃูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููƒูŽ ูˆูŽุฃูŽุชููˆุจู ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ

Maha Suci Engkau Ya Allah, (aku) memuji-Mu. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada sembahan yang benar kecuali Engkau. Aku memohon ampunan dan bertobat kepada-Mu (H.R anNasaai)

Selain dua bacaan sebelum dan setelah berwudhu itu, tidak ada bacaan lain yang disyariatkan. Demikian yang dijelaskan oleh Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah rahimahullah dalam Zaadul Maโ€™ad.

(Abu Utsman Kharisman)

๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก๐Ÿ“๐Ÿ“๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก
WA al I’tishom

BACAAN YANG DISYARIATKAN SEBELUM DAN SETELAH BERWUDUK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s