PERMOHONAN AMPUNAN PARA MALAIKAT UNTUK HAMBA ALLAH YANG MENGUCAPKAN TASBIH TAHMID TAHLIL DAN TAKBIR

💐📝PERMOHONAN AMPUNAN PARA MALAIKAT UNTUK HAMBA ALLAH YANG MENGUCAPKAN TASBIH TAHMID TAHLIL DAN TAKBIR

Sahabat Nabi Ibnu Mas’ud radhiyallahu anhu menyatakan:

مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ تَلَقَّاهُنَ مَلَكٌ فَعَرَجَ بِهِنَّ إِلَى اللهِ فَلَا يَمُرُّ بِمَلٍأ مِنَ الْمَلَائِكَةِ إِلَّا اسْتَغْفَرُوْا لِقَائِلِهِنَّ حَتَّى يَجِيْءَ بِهِنَّ وَجْهَ الرَّحْمَنِ

Barang siapa yang mengucapkan Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallah wallaahu akbar, (ucapan itu akan) diterima oleh Malaikat yang kemudian membawanya naik menuju Allah. Tidaklah melewati sekumpulan para Malaikat, melainkan akan memohonkan ampunan bagi orang yang mengucapkannya hingga dibawa (bacaan) itu pada sisi arRahmaan (riwayat Muhammad bin Ahmad bin Ibrahim al-‘Assaal dalam kitab al-Ma’rifah, dinyatakan oleh Ibnul Qoyyim dalam Ijtima’ul Juyusy bahwa semua perawinya terpercaya)

Beberapa pelajaran berharga yang bisa dipetik dari atsar Sahabat ini, di antaranya adalah:

1. Iman terhadap para Malaikat. Mereka adalah para makhluk Allah yang mulia, yang senantiasa taat kepada Allah Ta’ala.

2. Ucapan yang baik akan diangkat menuju Allah. Sebagaimana firman Allah Azza Wa Jalla:

إِلَيۡهِ يَصۡعَدُ ٱلۡكَلِمُ ٱلطَّيِّبُ وَٱلۡعَمَلُ ٱلصَّٰلِحُ يَرۡفَعُهُۥۚ

…kepada-Nya lah naik ucapan yang baik dan amal shalih mengangkatnya…(Q.S Fathir ayat 10)

3. Bacaan tasbih, tahmid, tahlil dan takbir menjadi sebab gugurnya dosa-dosa para hamba. Para Malaikat memohonkan ampunan kepada Allah bagi orang yang membacanya. Sebagaimana juga disebutkan dalam hadits:

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ بِشَجَرَةٍ يَابِسَةِ الْوَرَقِ فَضَرَبَهَا بِعَصَاهُ فَتَنَاثَرَ الْوَرَقُ فَقَالَ إِنَّ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ لَتُسَاقِطُ مِنْ ذُنُوبِ الْعَبْدِ كَمَا تَسَاقَطَ وَرَقُ هَذِهِ الشَّجَرَةِ

Dari Anas bahwasanya Rasulullah shollallahu alaihi wasallam melewati sebuah pohon yang kering daunnya. Kemudian beliau memukul dengan tongkatnya hingga berjatuhanlah dedaunannya itu. Nabi bersabda: Sesungguhnya (ucapan) ALHAMDULILLAH, SUBHANALLAH, LAA ILAAHA ILALLLAH, dan ALLAHU AKBAR benar-benar akan menggugurkan dosa-dosa seorang hamba sebagaimana berjatuhannya dedaunan pohon ini (H.R atTirmidzi, dihasankan Syaikh al-Albaniy)

4. Keyakinan bahwasanya Allah berada di atas langit, di atas Arsy, tinggi di atas seluruh makhluk-Nya. Karena bacaan dzikir tersebut diangkat menuju Allah.
Sebagaimana keyakinan ini adalah berlandaskan ayat-ayat al-Quran, hadits-hadits Nabi yang shahih, ucapan Sahabat Nabi, kesepakatan para Ulama 4 madzhab, dan juga sesuai dengan fitrah manusia.

(Abu Utsman Kharisman)

💡💡📝📝💡💡
WA al I’tishom

PERMOHONAN AMPUNAN PARA MALAIKAT UNTUK HAMBA ALLAH YANG MENGUCAPKAN TASBIH TAHMID TAHLIL DAN TAKBIR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s